Peluang dan Tantangan Pendidikan Luar Sekolah di Desa dan Kota

halim.web.id- Dalam artikel sebelumnya, kita telah mengenal Ciri Masyarakat Desa dan Karakteristik Masyarakat Kota. Pada Artikel ini, penulis ingin menyampaikan tentang bagaimana penerapan pendidikan luar sekolah/ pendidikan sosial pada masyarakat desa dan kota. Dengan berbedanya karakteristik yang ada di masyarakat desa dan kota, tentunya akan mempengaruhi corak pendidikan non forma yang ada di keduanya.

ada beberapa Peluang dan Tantangan Pendidikan Luar Sekolah di Desa dan KotaPendidikan non formal memiliki peluang besar untuk mengembangkan masyarakat desa. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme masyarakat desa dalam hal kegiatan kebersamaan. Seluruh lapisan masyarakat desa berpeluang sama untuk mengembangkan ketrampilan yang dimilikinya. Kegiatan ini sendiri harusnya dilaksanakan di daerah mereka sendiri.

Pendidikan non formal akan lebih berhasil apabila ditekankan pada aspek pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat pedesaan. Kebutuhan dasar seperti sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal) mendapatkan porsi perhatian yang besar dari masyarakat desa.

Selain pemenuhan kebutuhan dasar, kebutuhan yang lainya juga menjadi program tersendiri dalam mengembangkan masyarakat pedesaan. Kebutuhan lain yang idmaksud adalah kebutuhan keamanan, sosial, mendapatkan penghargaan serta aktualisasi diri.

Pertanian sebagai mata pencahatian umumnya di berbagai desa bisa menjadi sasaran pendidikan non formal. Edukasi tentang lingkungan, alam, dan potensi pertanian akan mengundang masyarakat untuk mengikuti kegiatan non formal ini.

Dibalik peluang luas untuk masuknya pendidikan non formal di masyarakat, banyak pula tantangan yang harus dihadapi dalam menyelenggarakan pendidikan non formal. Diantaranya adalah sifat masyarakat desa itu sendiri.
Sikap sangat berhati-hati bahkan memandang kurang positif para pendatang baru seakan sudah melekat dalam diri Masyarakat Desa. Maka diperlukan pendekatan intensif sebelum pelaksanaan pendidikan bahkan ketika berjalanya kegiatan itu dan tahap pelaksanaan praktis.

Menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan juga menjadi cirikhasnya. Mengetahui kepribadian dan struktur masyarakat tak boleh ditinggalkan dalam membina masyarakat desa.

Lain halnya dengan peluang pendidikan non formal yang ada di kota. Masyarakat kota sebagai kumpulan individu dari berbagai ragamnya dan stata terkelompokkan juga dalam kemampuan dan keahlian masing-masing. Kota bersifat lebih komplek dan penduduknya memiliki ketrampilan yang beragam.
Pendidikan non formal di kota berpeluang besar untuk masuk pada ranah pengembangan ketrampilan dan life skill. Ketrampilaan diharapkan mampu mnejadi wadah bagi mereka yang ingin mengembangkan potensinya, sehingga dapat menghasilkan karya kreatif dan inovatif di bidangnya.

Sistem pembagian kerja yang terorganisir membuat pendidikan non formal mudah menemukan tempatnya. Pembagian pekerjaan bisa dijadikan perhatian untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat kota.

Bersedia menerima perubahan yang terjadi merupakan kebiasaan sekaligus ciri khas masyarakat kota. Disinilah pendidikan non formal akan lebih mudah untuk masuk dan berkembang pada seluruh lapisan masyarakat kota. Upaya untuk memahamkan pentingnya pendidikan non formal sudah tidak perlu disinggung lebih jauh karena mereka seyogyanya sudah tahu pentingnya pendidikan bagi kehidupan.

Tantangan yang dihadapi tak kalah menarik dari peluang pendidikan non formal di kota. Masyarakat yang beragam kadang melahirkan ketidaksamaan cara pandang, berbeda persepsi dan tujuan dalam pelaksanaan pendidikan non formal.

Selain itu tipologi pemenuhan pekerjaan menjadikan masyarakat kota bergantung pada terbukanya lapangan pekerjaan daripada sebuah pengarahan dan kegiatan edukasi. Hal ini karena pekerjaan adalah kebutuhan utama untuk dapat bertahan di kawasan kota.

Laporan Aktualisasi Latsar: Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas V SDN 006 Penarikan

Laporan Aktualisasi: Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas V SDN 006 Penarikan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau ...