Laporan Aktualisasi: Peningkatan
Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas V
SDN 006 Penarikan, Kecamatan Langgam,
Kabupaten Pelalawan, Riau
Disusun oleh: Abdul Halim Wicaksono,
S.Pd.I
Pendahuluan
1. Latar Belakang
- Tujuan Pendidikan
Nasional: Mendukung pembentukan sikap religius melalui pembelajaran Al-Qur'an.
- Masalah di SDN
006 Penarikan: Kurangnya kemampuan siswa kelas V dalam membaca Al-Qur'an.
2. Identifikasi Isu
- Pengaruh
rendahnya kemampuan membaca Al-Qur'an terhadap karakter siswa.
- Faktor kurangnya
bimbingan orang tua dan jarangnya siswa menghadiri madrasah diniyah.
3. Perumusan dan Penetapan Isu
- Fokus utama pada
kemampuan membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.
- Faktor penyebab:
Kurangnya bimbingan orang tua dalam pembelajaran Al-Qur'an di rumah.
Rencana Kegiatan dan Tahapan Pelaksanaan
1. Persiapan dan Perencanaan
- Konsultasi dengan
kepala sekolah dan mendapatkan persetujuan.
- Pembentukan tim
pelaksana, penyusunan materi, dan desain kegiatan.
2. Pelaksanaan Kegiatan
- Pre-test:
Mengukur kemampuan awal siswa dalam membaca Al-Qur'an.
- Pelaksanaan
Bimbingan: Melibatkan siswa dalam kegiatan membaca Al-Qur'an di luar jam
pelajaran.
- Post-test:
Mengukur peningkatan kemampuan siswa setelah program bimbingan.
3. Evaluasi dan Dokumentasi
- Melakukan
evaluasi hasil post-test.
- Dokumentasi
melalui foto dan video selama kegiatan untuk melihat perkembangan siswa.
Hasil dan Analisis
1. Peningkatan Kemampuan Siswa
- Adanya
peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an pada siswa yang mengikuti kegiatan
bimbingan.
2. Penerapan Nilai
Dasar ANEKA
- Akuntabilitas,
Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi sebagai nilai-nilai
yang diperkuat melalui kegiatan ini.
Kesimpulan dan Saran
1. Kesimpulan
- Program bimbingan
membaca Al-Qur'an efektif meningkatkan kemampuan siswa kelas V di SDN 006
Penarikan.
2. Saran
- Kegiatan serupa
dapat diimplementasikan pada jenjang kelas lainnya.
- Perlu dukungan lebih lanjut dari orang tua untuk menjaga konsistensi praktik membaca Al-Qur'an di rumah.
PDF Laporan Latsar Halim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar