Konsep Administrasi Pendidikan dan Tujuannya

Konsep dan Tujuan Administrasi Pendidikan

Pada dasarnya pengertian administrasi pendidikan merupakan penerapan pengertian administrasi dalam arti luas pada dunia pendidikan.

Ada yang mendefinisikannya sebagai berikut “Administrasi pendidikan adalah suatu proses keseluruhan, semua kegiatan bersama, dalam bidang pendidikan dengan memanfaatkan semua fasilitas yang tersedia baik personal, materil maupupun spirituil untuk mencapai tujuan pendidikan”.(Dr S Nasution)


Sedangkan tujuan administrasi pendidikan tidak jauh dari tujuan pendidikan yang ditetapkan oleh MPR No.IV/MPR/1978 yaitu:

“Pendidikan Nasional berdasarkan atas pancasila dan bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, ketrampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian, dan mempertebal semangat kebangsaan agar dapat menumbuhkan manusia manusia pembangunan dirinya sendiri serta bersama sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.



Ruang Lingkup dan Fungsi Administrasi Pendidikan

Secara umum, ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi :
1)   Administrasi Dan Organisasi Kurikulum
2)   Administrasi Ketenagaan Pendidikan
3)   Administrasi Siswa, Mahasiswa Dan Generasi Muda
4)   Administrasi Sarana Dan Prasarana Pendidikan
5)   Administrasi Pembiayaan Pendidikan
6)   Administrasi Layanan Khusus Pendidikan
7)   Administrasi Kesekretariatan Pendidikan
8)   Administrasi Hubungan Dengan Masyarakat


Sedangkan Fungsinya adalah sebagai berikut :

1)   Fungsi Perencanaan
2)   Fungsi Organisasi
3)   Fungsi Koordinasi
4)   Fungsi Motivasi
5)   Fungsi Pengawasan


Prinsip Dasar Administrasi Pendidikan Modern

Administrasi pendidikan modern lebih mengarah kepada penghargaan yang tinggi terhadap komponen manusia. Prinsip demokrasi dalam pendidikan dijunjung tinggi, untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Adapun prinsip prinsip itu adalah sebagai berikut:

1.    Memprioritaskan tujuan di atas pertimbangan pribadi dan mekanisme organisasi.
2.    Pengorganisasian wewenang dan tanggung jawab.
3.    Penyesuaian tanggung jawab diberikan pada karakter personal.
4.    Pengenalan terhadap faktor psikis manusia.

Tulisan ini diambil dari tugas kuliah Fakultas Tarbiyah ISID Gontor wilayah Siman

Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI)

Berjudul : “KONSEP DASAR ADMINISTRASI PENDIDIKAN”

Penulis : Addinsyah Ramadhan & Abdan Rahim

Dosen Pengampu : Drs. H. Sutrisno Ahmad, Dipl. A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan Aktualisasi Latsar: Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas V SDN 006 Penarikan

Laporan Aktualisasi: Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Kelas V SDN 006 Penarikan, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau ...